Gagasan dan Penggagas Sekolah Alam

GAGASAN & PENGGAGAS
sekolahalam digagas thn 1992 oleh Lendo Novo, http://www.facebook.com/people/Lendo-Novo/1050025625 orang minang kelahiran Jakarta, 6 November 1964, Alumni Perminyakan ITB, pernah dipenjara karena menentang rezim diktator Soeharto, dan beliau pun pernah jadi staf khusus Meneg BUMN, Sugiharto. beliau juga yang pertama sekali mengagas konsep sekolah Islam Terpadu, antara Iman, Ilmu dan Amal.
sekolahalam pertama kali diaplikasikan di Ciganjur tahun 1997, dan menerima murid pada Tahun Pelajaran 1998-1999.

Sekolahalam digagas oleh Lendo Novo, terinspirasi dari pola tarbiyah ilahiyah terhadap diri RasuluLlah SAW.
Rasulullah SAW. Diasuh di kampung Bani Sa’ad (saat itu alam Bani Sa’ad lebih terkonservasi dari pada Makkah, yang sudah terkontaminasi kejahiliyyahan), disusui oleh Halimatussa’diyyah, dan sejak kecil terbiasa menggembala kambing, berinteraksi dengan alam lingkungan.

Kemudian di usia 12 tahun RasuluLlah SAW dibawa berniaga ke negeri Syam oleh paman beliau Abu Thaalib. Sehingga beliau mendapatkan pengalaman berinteraksi (ber-mu’aalah) dengan unit, pelaku dan lingkungan usaha (bisnis)
Kedua pengALAMan di atas menempa karakter (syakhshiyah) beliau sedemikian rupa sehingga memiliki kualitas akhlak yang agung dan jiwa kepemimpinan yang kuat.

Pada tahun 2004 markaz sekolahalam dipindah ke School of Universe, Pemagersari, Parung, kab. Bogor. Di sinilah kurikulum bisnis dan keterampilan hidup mulai diaplikasikan secara intensif.
Lendo juga mendorong dibentuknya sekolahguru guna melatih dan mendapingi guru-guru dari sekolah yang ingin menerapkan konsep sekolahalam / pendidikan hijau.
Kini Lendo mengembangkan konsep greenlife, cara /gaya hidup yang islami, sehat dan pro lingkungan.

Buku yang terlahir dari inspirasi Lendo Novo.

You Might Also Like

0 comments